Skip to main content

Let's Talk About Nationalism & Patriotism

What is the meaning of nationalism & patriotism?

Nasionalisme menurut Ernest Renan adalah kehendak untuk bersatu dan bernegara.
Patriotisme menurut Abd. Rahim umumnya berkaitan dengan semangat, perasaan, sikap, kesadaran, idealisme yang menyentuh soal-soal kebangsaan, kenegaraan, tanggung jawab, perjuangan, pengorbanan, kecintaan, ketahanan, diri dan sumbangan warganegara terhadap negara, bangsa, dan agama.

So, what do I think about nationalism and patriotism?

Nasionalisme dan patriotisme itu gak bisa dipisahin, mereka menjadi satu kesatuan. Mereka ada di dalam hati kita dan cara kita mempertahankannya adalah dengan melakukan tindakan nyata.

(Source: http://www.hydroxycut.com)

We can do simple thing but the impact is so amazing for our country.

Mencintai diri sendiri dengan segala kekurangan dan kelebihan itu merupakan wujud nyata yang sederhana cinta kita kepada bangsa dan negara ini. Karena cikal bakal negara yang utuh berasal dari jati diri bangsa, yaitu kita sendiri.

Let’s start with something small around us!

1.     Love yourself first

Dengan kita lebih mencintai diri kita sendiri. Mencintai dan mensyukuri semua yang kita punya dan berusaha untuk terus menggapai cita-cita kita. Suatu kemerdekaan bangsa akan terwujud dengan baik jika warga negaranya memiliki kesadaran untuk mewujudkannya. Love yourself first, so you know what you deserve.

2.     Being tolerance

Kita hidup di negara dengan berbagai macam keragaman suku, ras, budaya, bahasa, dan agama. Membuat kita menjadi lebih toleransi, bukan lebih lagi. Tapi toleransi sudah mendarah daging di diri kita. Jangan jadikan itu sebagai penghalang buat kita. Semakin kita toleransi semakin kita membuka wawasan pengetahuan kita, girls.

3.     Open Minded

Toleransi dan memiliki pemikiran terbuka merupakan satu ikatan yang tak terpisahkan, oiya, ditambah lagi dengan sikap sabar. Memang sangat sulit buat kita ketika sedang rapat dan menentukan suatu keputusan. Banyak pro kontra yang terjadi selama pembuatan keputusan itu. Dan kita pasti kekeuh mempertahankan pendapat kita. Tapi pasti dibalik semua itu ada pendapat yang paling mendekati goals di forum kita. Karena ada pendapat yang lebih baik dari kita, kita mau gak mau harus menerima pendapat itu dengan lapang dada dan melaksanakan keputusan dengan ikhlas. I just wanna tell you that open minded is a very cool attitude, girls!

Dengan melakukan sikap-sikap sederhana di atas itu udah bikin kita jadi seorang yang nasionalis dan patriotis lho, girls. Face whatever comes today with a positive attitude.

 
Sincerely,

 Syafika

Comments

Pop Posts

Maraville Coffee

Braga Street - Bandung

When I’m Talking About SELF-LOVE